25 Maret 2023

Syekh Muhammad Jamil Jambek (1862-1947)

Syekh Muhammad Jamil Jambek atau yang dikenal pula dengan Inyiak Jambek adalah seorang ulama terkemuka dari golongan Muda. Beliau merupakan seorang alim yang mahir dalam ilmu Falak, masyhur digelari dengan al-Falaki. Sebagai temannya, Syekh Dr. Abdul Karim Amarullah, beliau mempunyai pengaruh besar dalam pembaharuan di Minangkabau. Begitu pula dalam bidang sosial keagamaan tak kurang pula besar jasa beliau, sehingga oleh Gubernur Sumatera Barat, Harun Zen, beliau diberi penghargaan sebagai Pejuang Agama (1975). Sebuah sebutan yang memang pantas untuk ketokohan Syekh Jambek.

Muhammad Jamil dilahirkan di Bukittinggi, pada tahun 1962. Setelah menamatkan Gouvernement, arah hidup tampak hanyut dalam dunia kelam. Beliau saat itu hidup sebagai parewa dan tak jarang berbuat kejahatan, seperti mencuri. Keberanian beliau sebagai parewa tersebut disokong oleh ilmu guna-guna yang dipakainya, yang dulu sempat dipelajarinya dari seorang Batak dan dukun-dukun daerahnya sendiri. Sampai satu ketika jalan hidup beliau berubah. Satu ketika, tanpa rencana, beliau tersesat ke Surau Angku Kayo di Mandiangin.

Disininya Angku Kayo menasehati beliau dengan bijaksana. Maka hilanglah sikap parewa Syekh Jamil beransur-ansur. Setelah belajar di Surau Angku Kayo, beliau sempat belajar agama ke Koto Mambang (Pariaman) dan Batipuah Baruah (Padang Panjang). Pelajaran selanjutnya dalam menuntut ilmu beliau lakoni di tanah Suci Mekah. Di sana beliau diasuh oleh seorang dermawan Minangkabau kala itu, Syekh Salim. Di Mekah, Syekh Jamil lebih kurang menghabiskan waktu menuntut ilmu selama 10 tahun.

Diantara guru-guru beliau ialah Syekh Ahmad Khatib al- Minangkabawi, Tuanku Khatib Kumango, Syekh Thaher Jalaluddin, Syekh Ba Fadhal dan Syekh Serawak. Salah satu bidang keahlian yang ditekuni selama di tanah suci ialah Falak. Karena kepintarannya beliau mampu menguasai ilmu Falak dengan matang, penguasaan beliau itu kemudian diiringi oleh pengakuan Syekh Thaher Jalaluddin, sang guru.

Pada tahun 1903 Syekh Jamil pulang ke Kampung halamannya Minangkabau, dan kemudian mulai mengabdikan diri mengajarkan ilmu yang telah diperoleh selama di Haramain. Disamping itu beliau juga mengadakan pembaharuan dalam pengajarannya, dimana biasanya pengajaran agama waktu itu dengan berhalaqah memegang satu kitab, beliau yang pertama melakukan pengajaran dengan bertabligh. Di surau beliau, Surau Sawah Tangah Bukittinggi dan Surau di Kamang, Syekh Jambek mengajar dengan berceramah. Ketika muncul pembaharuan gaya kaum Muda yang dimulai oleh Dr. Abdul Karim Amarullah, Syekh Jamil kemudian bergabung dengan sahabat-sahabatnya itu, maka beliaulah salah satunya yang menjadi pimpinan ulama muda.

Syekh Jamil Jambek wafat pada tahun 1947 dan dimakamkan di depan surau beliau, surau Sawah Tangah Bukittinggi. Selain mewariskan ilmu Falak kepada generasi berikutnya, beliau juga meninggalkan beberapa buah karangan. Diantara karangan beliau tersebut antara lain:

 

1) Penerangan Tentang Asal Usul Tarikat Naqsyabandiyah dan  Segala yang Berhubungan dengan dia.

Persoalan Tarikat Naqsyabandiyah menjadi salah satu topik hangat yang selalu diperdebatkan oleh kaum Muda kala itu. Beberapa tulisan yang ditulis oleh ulama Muda telah banyak menggemparkan masyarakat, sebab banyak dari tulisan- tulisan itu bernada keras terhadap amalan Tarikat. Disisi lain tak kurang pula pembelaan dari ulama-ulama Tua lewat karya tulis yang tak jarang beroleh pujian.


Syekh Jambek selaku salah seorang yang dituakan dari golongan muda tak ketinggalan mengambil bagian dalam masalah ini. Namun tak seperti teman-temannya yang lain yang menghujat Tarikat dengan nada keras, Syekh Jambek dalam tulisannya menguraikan Tarikat dengan lebih lunak. Konon Syekh Jambek tersebut pernah mengamalkan Tarikat Naqsyabandiyah.143 Dan kecaman Syekh Jambek ini baru keluar pada tahun 1940, jauh sesudah pergolakan hebat kaum Muda tersebut, dan jauh pula setelah ulama-ulama terkemuka kaum Tua wafat.


Karya Syekh Jambek ini terdiri dari 2 jilid. Pada jilid pertama Syekh Jambek menjelas hal-hal yang berkaitan dengan Tarikat Naqsyabandiyah, seperti asas-asasnya hingga kaifiyah-kaifiyah dalam Tarikat ini. Baru pada jilid kedua Syekh Jambek mengemukakan bantahan-bantahannya terhadap Tarikat Naqsyabandiyah dengan berpedoman kepada salah satu kitab pegangan kaum Tarikat yaitu al-Bahjatus Saniyyah fi Adabit Tariqatil ‘Aliyah an-Naqsyabandiyah karangan Syekh Muhammad bin Abdullah al-Khani al- Khalidi an-Naqsyabandi.


Pada jilid kedua ini, Syekh Jambek membahas 10 topik berkaitan dengan Tarikat Naqysabandiyah, yaitu (1) tentang surat Mujaddid dan Syekh Khalid Kurdi yang berisi larangan mengerjakan Rabithah; (2) tentang Pelajaran cara menghormati guru; (3) sebab perubahan nama Silsilah; (4) tentang Ayat-ayat al-Qur’an yang dijadikan dalil dalam mensahkan amalan Tarikat; (5) Pedoman dalam menafsirkan al-Qur’an; (6) Keterangan tentang keadaan kaum Tarikat yang memutar makna al-Qur’an; (7) Bukti ayat al-Qur’an tentang kesucian Nabi Yusuf; (8) Kedudukan Tarikat menurut Syara’; (9) Bid’ah dan penerangan tentang Tawasul; (10) cara mengambil Talqin.[1]

Risalah ini kemudian dicetak pada percetakan Tsamaratul Ikhwan Fort de Kock, pada tahun 1941. diterbitkan oleh Zainal ‘Abidin Tangah Sawah dengan perbelanjaan dari Datoeak Manggolak Basa.


2) Muqaddimah fi Hisabil Falakiyah Mukhtashar Mathla' as- sa'id fi hisabat al-Kawakib

Sebagai tertera pada judul, karya ini merupakan satu keringkasan dari satu kitab yang lebih luas dalam ilmu Falak (Hisab) yang tidak diketahui pengarangnya. Karya ini ditulis dalam bahasa Arab dan masih dalam bentuk manuskrip, terdiri dari 5 bagian pembahasan, diantaranya tentang mengetahui bulan Arab, mengetahui Kusuf dan khusuf, mengetahui Qilblat dan lainnya.

Pembahasan dalam karya ini cukup ringkas sehingga tulisan ini hanya terdiri beberapa lembar saja. Karya ini selesai di tulis di Mekah pada tahun 1316 H, atau 1896.



[1] Syekh Muhammad Jamil Jambek, Penerangan Tentang Asal Usul Tarikat Naqsyabandiyah dan Segala yang berhubungan dengan dia (Bukittinggi: Tsamaratul Ikhwan, 1941) hal. 2

0 Comment