15 Maret 2023

Syekh Muhammad Sa'ad bin Tinta' Mungka Tuo (1859-1922)

Syekh Muhammad Sa'ad atau yang dikenal dengan Syekh Mungka atau “Beliau Surau Baru” merupakan salah seorang ulama besar yang terkemuka di Minangkabau di masanya. Di ranah Minang, beliau diakui ke alim nya, digelari dengan Syaikhul Masyaikh (guru besar) karena dikunjungi oleh berbagai Ulama di Minangkabau, dan lebih dari itu beliau merupakan pemuka Tarikat Naqsyabandiyah al-Khalidi terkemuka di pulau perca ini. Kemasyhurannya paling tidak dikarenakan bantahan beliau terhadap Syekh Ahmad Khatib al-Minangkabawi lewat risalahnya yang begitu besar pengaruhnya dikalangan ulama-ulama masa itu.  

Beliau dilahirkan di Koto Tuo, Mungka, Payakumbuh, pada tahun 1857 dari suku Kutianyia (Pitopang). Di kampung halamannya, beliau telah berguru kepada beberapa ulama terkemuka Minangkabau kala itu, diantaranya Syekh Abu Bakar Tabiang Pulai (w.1889), Syekh Muhammad Jamil Tungkar (w. 1890), Syekh Muhammad Shaleh Padang Kandih (w. 1912). Kemudian beliau melanjutkan pengembaraan intelektualnya di Mekah, Yaman dan Madinah, yaitu pada tahun 1894-1898 dan 1912- 1915. [1] Tanah suci beliau sempat menimba ilmu kepada ulama-ulama terkemuka seumpama Sayyid Ahmad Zaini Dahlan, Syekh Muhammad Hasbullah al-Makki dan Syekh Ahmad bin Zainuddin al-Fatani. Beliau dikabarkan juga pernah berguru kepada Mufti al-'Allamah az-Zawawi, guru Sayyid Usman Betawi yang masyhur. [2] beliau juga Disana bertemu dengan ulama-ulama Tarikat yang mempunyai reputasi seperti Syekh Abdul Karim Banten (Tarikat Qadariyah wa Naqsyabandiyah), Syekh Abdul 'Azhim Maduri (Tarikat Naqsyabandiyah Muzhariyah) dan Syekh Abdul Qadir al-Fatani (Tarikat Syathariyah), halmana pertemuan beliau dengan ulama-ulama ini tentu menambah wawasan intelektual beliau.  

Setibanya di halaman kampung, Mungka, dia mendirikan sebuah surau bertingkat dua yang diberi nama Surau Baru. Surau ini menjadi yang terdepan, dan menarik banyak orang siak dari berbagai penjuru Minangkabau. Banyak di antara murid-muridnya yang menjadi ulama besar di kemudian hari. Sebahagian besar ulama- ulama Tua yang mengikuti pergolakan awal XX tersebut merupakan hasil didikan beliau ini. [3]  

Dalam bidang intelektual, beliau dituakan diantara ulama-ulama Tua. Pernah, sebelum meninggalnya beliau menjadi pendiri dan penase`hat Ittihad Ulama Sumatera (Persatuan Ulama Sumatera) bersama dengan ulama-ulama besar lainnya seperti Syekh Abdullah Beliau Halaban (w. 1926). [4] Dalam menulis menulis, beliau juga dikenal mahir mengarang dalam bahasa Arab, apalagi dalam bahasa jawa . Karangan-karangan beliau konon cukup banyak. Tapi sayang, hanya satu doa dari beliau yang sampai kepada kita. 

Di antara karya beliau yang terkenal, yang besar pengaruhnya, sekaligus yang dapat diidentifikasi ialah risalah- risalah polemik beliau dengan Mufti Syekh Ahmad Khatib al-Minangkabawi, yaitu:

1)       Irgamu Unufil Muta'annitin fi Inkarihim Rabithalal Washilin

Risalah ini merupakan karya beliau yang terkenal dan membawa pengaruh yang luas di kalangan ulama dan masyarakat Minangkabau. Pasalnya, Risalah ini merupakan bantahan yang cukup keras terhadap Risalah Izhhar Zaghlil Kazibin -nya Syekh Ahmad Khatib yang membuat gaduh karena fatwa-nya tentang Tarikat tidak berasal dari Syara'. Syekh Muhammad Sa'ad-lah yang kemudian pertama kali mengangkat pena untuk membantah karangan Mufti Syafi'i itu. Kemudian baru disusul oleh ulama-ulama Tarikat lainnya.

Bantahan Keras dalam Risalah ini dapat dilihat dari judulnya, Irghamu Unufil Muta'annitin fi Inkarihim Rabithalal Washilin, yang berarti “Meremukkan hidung penantang, mereka yang membatalkan Rabithah orang-orang yang telah sampai kepada Allah.” Naskah kitab ini dikirim ke Mekah masih dalam bentuk tulisan tangan lewat jama'ah Haji. Meski kitab ini belum dapat diakses keberadaannya, namun untuk isinya dapat kita lihat dalam karya Syekh Ahmad Khatib, al- Ayatul Bayyinat . [5]

Diawal Risalah ini, Syekh Mungka menjelaskan seberapa Risalah Syekh Ahmad Khatib telah membuat gaduh dan telah memecah hati kaum muslimin dalam beramal Tarikat, sebagai berikut:

(Setelah Basmallah dan Hamdalah serta shalawat ) Tatakala di thaba' orang kitab izhar Zaghlil Kazibin dan masyhurlah sikatib negeri Minangkabau, gaduhlah orang awam dan caci mencaci mereka itu, hingga mengkafirkan setengah mereka itu orang lain yang ditetapkan oleh Allah SWT atas yang haq. Dan karena itu dengan sebab tersebut di dalam kitab izhar tersebut menyerupakan orang yang memakai rabithah dengan orang yang menyembah berhala dan datangkan beberapa dalil dari pada al-Qur'an dan hadist dan kalam sahabat dan ulama sufiyah . Maka dengan sebab itu memintalah dari pada al-haqir Muhammad Sa'ad bin Tanta' Mungka Tuo setengah dari pada ikhwan dari pada ahlus shalah bahwa menyebutkan al-Haqir akan wajah bagi penguatkan segala dalil rabithah dan bagi penolakkan segala wajah membatalkan rabithah dan pemasukkan amalan Tarikat Naqsyabandiyah kepada syari'at, supaya jangan terlonsong dan terkecuh orang-orang yang tiada kuasanya menfahamkan dalil.          

Maka oleh itulah terbukalah hati hamba untuk menyuratkan beberapa wajah mengambil dalil dengan beberapa ayat dan hadis untuk menetapkan Rabithah , dan beberapa wajah perlawanan mengambil dalil dengan beberapa ayat dan hadist atas batil rabithah dan lainnya. Dan memudakan hamba dengan kadar yang sedikit di atas sekira-kira faham hamba yang lemah dan hamba namai akan dia dengan Irgham Unufil Muta'annitin fi Inkarihin Rabithathal Washilin . Dan harap hamba daripada Allah Ta'ala akan bahwa dijadikannya dia akan tulus ikhlas bagi wajahnya yang karim dan akan jadi sebab bagi me[ng] hela do'a ikhwan yang shaleh-shaleh dan bagi memperoleh limpahan cahaya yang dipetaruhkan- Nya pada hati auliya'- Nya yang shadiqin dan bagi menang dengan jannatul Na'im . [6]

Setelah Mukaddimah serta alasan menulis kitab, Syekh Muhammad Sa'ad lalu masuk untuk mengorek beberapa pragra f penting dalam Izhhar Syekh Ahmad Khatib. 

2)       Tanbihul Awam 'ala Taghrirat ba'dhil Anam

Setelah Syekh Muhammad Sa'ad mengirim Irgham kehadapan Syekh Ahmad Khatib, snag mufti merasa perlu lagi menolak dakwaan Syekh Mungka dalam Irgham . Maka Syekh Ahmad Khatib lalu menulis al-Ayat al-bayyinat sebagai I'tiradh (bantahan) Irgham. Al-Ayat lalu dikirim ke Padang, lalu dicetak dan disebarkan. Hal ini tentu kembali membuat hangat setelah menjunjung tinggi Syekh Mungka. Kemudian beberapa tokoh menemui Syekh Mungka untuk kembali menulis i'tiradh bagi risalah ke-2 Syekh Ahmad Khatib ini.

Atas permintaan itu, Syekh Mungka kembali mengoreskan kalam untuk koreksi al-Ayat al-Bayyinat , tulislah risalah Tanbihum Awam 'ala Taghrirat Ba'dhil Anam . Di dalam masalah Tanbih ini, tanpak kepiawaian Syekh Mungka dalam menganalisis. Syekh Sa'ad banyak menggunakan kalimat-kalimat kinayah (sindiran) terhadap Syekh Ahmad Khatib, dinama dalil-dalil Syekh Ahmad Khatib yang semula menjadi hujjah penolak Tarikat Naqsyabandiyah, beliau jadikan pula hujjah untuk memperkuat dan memperkokoh Tarikat Naqsyabandiyah. Juga tampak kecerdasan beliau, yang kadang kala keras, kadang kala penuh humor, bahkan bisa membuat orang merasa geli dan tertawa. [7]

Pada permulaan masalah ini, Syekh Sa'ad menuliskan perihal pribadi beliau. Dengan rendah hati dan tawadhu', beliau umpamakanlah keadaan yang menimpanya seperti seekor kambing yang hendak menanduk sebuah batu besar. Bagaimanapun caranya kambing itu menanduk, mustahil batu besar itu akan hancur, malahan tanduk kambing itu yang akan luluh. Beliau, dengan kerendahan hatinya, membilas diri beliau belumlah cukup ilmu, belum alim benar. Namun karena ini mencakup perihal banyak orang , beliau lalu mencoba merangkai kata, sehingga jadilah sebuah risalah yang berjudul Risalah Tanbihul Awam dengan bantuan bantuan Allah dan Tasawwul dengan segala penghulu Tarikat Naqsyabandi, maka selesailah kitab Tanbihul Awam, yang menurut beliau hanya berupa “lafazd-lafazd yang sedikit”. Tak ada harapan lain yang beliau inginkan dari penulisan ini ialah supaya “terbujuk kembali segala hati yang pecah”. [8]

Salah satu contoh ungkapan Syekh Ahmad Khatib, yang beliau –Syekh Sa'ad- tanggapi dengan sangat cerdas dan menggelitik, ialah ungkapan Syekh Ahmad Khatib yang mengatakan : “Dalil yang di dalam kampir garam beliau (maksudnya Syekh Sa'ad) hanya sekedar itulah” . Dijawab dengan cerdas oleh Syekh Sa'ad:

“Maka berkata hamba: telah maklum bagi tiap-tiap orang yang berakal bahwasanya yang di dalam kampir garam ialah garam dan rasanya masin (asin), kegunaan memperelok rasa tiap-tiap makanan. Maka mintak mengeluarkan dalil dari kampir garam ialah kata-kata orang yang berubah akal. Dan jika ada murad [maksud] beliau menyerupakan ilmu hamba dengan garam pada pihak masin (asin) boleh memberi muslahat, maka demikian itu puji yang mentaqdirkan akan dia Allah ta'ala di mulut beliau, tetapi murad beliau tiada munasabah (sesuai) akan dia. Dan jika ada murad beliau memperolok-olokkan hamba dengan menyerupakan ilmu hamba yang kurang dengan garam yang baik faedah, maka tidak patut dengan maqam (kedudukan) beliau yang tinggi, karena beliau orang alim besar, sudah lama mengajar di Mesjidil Haram, jadi guru oleh segala guru, tiada bandingan beliau dalam alam Minangkabau ini, tapi karena hawa nafsu takut juga beliau bahasa akan gugurnya pangkat beliau karena kitab beliau dibanding orang, maka sebab itulah beliau buat kata kunci seperti kata kunci orang jalang- jalang seperti yang telah dilihat dalam kitab beliau buat itu. [9]

Risalah Syekh Mungka kemudian diterbitkan di Padang, pada percetakan de Volherding, tahun 1910. Setelah kemunculan Risalah Syekh Mungka ini, berhentikan polemik antara dua ulama besar Syafi'i yang taraf keilmuannya sebanding dengan ini. kedua ulama telah mengeluarkan pelurunya masing-masing, dan telah mengemukakan pendapat pribadi mereka.

Diakhir Risalah ini, Syekh Mungka mengomentari isu tentang Ushalli yang telah menghangat di Minangkabau kala itu. [10] Beliau mengemukakan bahwa asal muasal munculnya faham menolak Ushalli ialah karena sebahagian ulama-ulama muda yang menerima mentah-mentah pendapat Ibnu Qayyim al-Jauziyah dalam kitab Zaadul Ma'ad . Lalu Syekh Mungka verifikasi keterangan Ibnu Qayyim dengan terlebih dahulu mengutip teks Zaadul Maad yang menjadi pegangan ulama muda tersebut.

 



[1] H. Halim Sa'adi,Mengenal Riwayat Hidup dan Perjuangan Syekh Muhammad Sa'ad al-Khalidi: Ulama Besar di Sumatera Barat dipermulaan Abad XX(tidak diterbitkan, 1988) hal. 2-4; Aprian Putra,op. cit.,hal. 82-86; Tim Islamic Centre,RiwayatHidupUlamaSumateraBaratdanPerjuangannya(Padang: ICSM dan Angkasa Raya, 2001) hal. 55-56; KH. Sirajuddin Abbas,Tabaqathus Syafi'iyah: Ulama Syafi'I dan Kitabnya dari Abad ke-abad(Jakarta:Pustaka Tarbiyah, 1975) hal. 460-462; KH. Sirajuddin Abbas,Sejarah…,hal. 178-180; M.Sanusi Latief, lokasi cit., ; Tim Penulis, Beberapa Ulama di Sumatera Barat (Padang: Museum Adityawarman, 2008) hal. 67-76

[2] Keterangan ini berdasarkan keterangan ulama terkemuka Aceh, al- Marhum Syekh Muda Wali al-Khalidi, pimpinan Dayah Labuhan Haji

[3] Lihat misalnya H. Abdul Wahid Ketinggian,Sejarah Ringkas Syekh Muhammad Sa'ad Mungkar (manuskrip); lihat pula perjuangan-perjuangan beliau dalam Sjarif Thahir,Sjech Moehammad Sa'ad Mungka (stensilan, 1957)

[4] Lihat Majalahal-Mizan,Th. 1916 No. 25 (Syarikat al-Ihsan) hal. 12-13. Secara lengkap susunan Bestuur dan Penasehat “Ittihad Ulama Sumatera” 1916 itu ialah:Presiden:SyekhAbbasLadangLaweh; Wakil Presiden:H.Abdul Majid Maninjau; Sekretaris I: Labai Abdul Jail Padang Lua; SekretarisII:LabaiJama'inSungaiPuar; Penningmester: H.Burhanuddin Maninjau; Komisaris:(1)SyekhSulaiman ar-Rasuli, (2) Syekh Muhammad Jamil Jaho; Syekh Tuanku Mudo Sicincin Payakumbuh, (4) Syekh Hasan Bashri Maninjau, (5) Syekh Sutan Abdul Karim Pariaman, (6) Faqih Makhudum Tanjuang Bingkuang Solok, (7) Syekh Zakaria Sungai Limau, (8) Syekh Abdul Malik Gobah, (9) ) Syekh Abdul Majid Taluak, (10) Syekh Amran Limbukan, 11) Tuanku nan Elok Suliki, (12) Syekh Muhammad Nur Bayur, (13) Syekh Muhammad Karim Sumpur, (14) Syekh Muhammad Shaleh Ampek Angkek, (15) Syekh Muhammad Rasyid Koto Tuo, (16) Syekh Abdul Hamid Matur, (17) Qadhi Koto Salain, (18) Syekh Muhammad Jamil Lubuk Basung; Pembimbing : (1) Syekh Bayang Padang, (2) Syekh Khatib 'Ali Padang, (3) Syekh Abdul Manaf Lantai Batu, (4) Syekh Abdullah Halaban, (5) Syekh Muhammad Jamil Pariaman, (6) Syekh Sutan Ibrahim Parabek, (7) Syekh Sutan Kisa'I Sungai Landai, (8) Syekh Sutan Banten Bukittinggi; dan Penasehat : Syekh Muhammad Sa'ad Mungka Payakumbuh.

[5] Lihat pula kutipannya dalam M. Sanusi Latief,op. cit.,hal. 412-427; lihat pula Tim Islamic Centre,Riwayat Hidup…, op. cit., hal. 56-60

[6] Lihat Syekh Ahmad Khatib al-Minangkabawi,al-Ayat…,op. cit.,hal. 13-14 

[7] Lihat Apria Putra,op. cit.,hal. 101; TimICSB,RiwayatHidup…,op. cit.,hal. 57; untukringkasannya,lihatM.SanusiLatief,op. cit.,hal. 428-438

[8] Syekh Muhammad Sa'ad Mungka,TanbihulAwam'alaTaghriratBa'dhilAnam(Padang:deVoltherding, 1910)hal. 4

[9] Ibid., hal. 14

[10] LihatIbid.,hal. 84-87

0 Comment