11 April 2023

Tuanku Mudo Abdul Hamid Hakim (1893-1959)

Beliau adalah murid kesayangan dari DR.H. Abdul Karim Amrullah. Ketika Inyiak De-er tersebut tidak lagi aktif di Thawalib Padang Panjang, maka beliaulah yang kemudian memegang kendali Thawalib sebagai sutradara. Dedikasi beliau yang sangat besar dalam pendidikan dan karang mengarang.[1] Satu keistimewaan beliau, meski tidak pernah belajar di Mekah, beliau mampu menulis karya-karya dalam bahasa Arab yang mudah dipahami. Hal ini tentunya karena ketekunan belajar beliau. Beberapa karangan beliau yang dikenal dan menjadi buku acuan di pesantren-pesantren ala modern adalah:

1)     Mabadil Awwaliyah, as-Sulam dan al-Bayan (3 seri ini dalam

Ushul Fiqih )

2)     Al-Mu'inul Mubin (5 jilid, termasuk bagian fara'idh )

3)     Al-Hidayah ila ma yanbaghi ​​minaz ziyadah 'alal Bidayah

4)     Tahzibul Akhlaq (2 jilid)

Meski tidak terlibat dalam pergolakan agama awal abad XX, namun beberapa karya beliau tampak mencerminkan faham keagamaan, sebagai gurunya, Inyiak Rasul. Dan pemikiran beliau itu kemudian dapat tersebar, tanpa bersitegang urat leher, lewat karya-karya beliau yang harum di madrasah-madrasah swasta dan negeri. Diantaranya, dalam kitab Tahzibul Akhlaq mencerminkan sikap beliau terhadap Tasawuf dan prakteknya. Dalam kitab ini beliau menulis satu sub bahasan dengan tajuk Ushul Dhilalah min Bab Tasawwuf kesesatan (pokok-pokok Tasawwuf), dimana beliau menukil beberapa kata kaum Sufi dan diberi komentar dengan mengutip kata-kata Rasyid Ridha.[2] Dalam tulisan beliau mengenai Akhlaq ini tampak beliau begitu menonjolkan Ibnu Taimiyah dan Ibnu Qayyim al-Jauzi beliau menyebutkan bahwa keduanya adalah ulama-ulama yang rasikh dan mempunyai ilmu yang multidisipliner. Keduanyalah, lanjut Tuanku Mudo Abdul Hamid, yang menjadi Ahlul Haq , dalam hal ini telah membuka kedok Tasawuf yang sesat-sesat itu.

 



[1] Karangan-karangan beliau yang umumnya didedikasikan sebagai buku pelajaran Madrasah yang mendapat apresiasi baik dari Faqih Usman, Menteri Agama masa itu  

[2] Lihat Tuanku Mudo Abdul Hamid Hakim, Tahzibul Akhlaq  (Bukittinggi: Nusantara, 1955) jilid I, hal. 21-24

 

0 Comment