10 April 2023

 Buya H. Mansur Dt. Nagari Basa Kamang (1908-1997)

Buya Mansur adalah salah seorang alim penyambung estafet ulama-ulama Tua di Minangkabau. Beliau dilahirkan di Kamang Mudiak, Agam, pada tahun 1908. Sebelum menginjak baligh beliau mula-mula sekolah di Gubernement, kemudian belajar agama ke berbagai surau di kampung halamannya. Setelah itu beliau belajar di Jaho, kehadapan Syekh Muhammad Jamil Jaho. Pada tahun 1926 beliau memperoleh ijazah dari Jaho.

Beberapa waktu setelah menamatkan pelajaran di Jaho, Buya Mansur tinggal dan memulai karir di Sumani (Solok) sebagai pimpinan Madrasah Tarbiyah Islamiyah di negeri itu. Tak lama berselang, beliau pulang ke kampung halamannya, Pakan Sinayan, dan mendirikan Madarasah Tarbiyah Islamiyah, tepat pada tahun 1930. Namun beliau masih ingin menimba ilmu, tempat yang beliau kunjungi selanjutnya ialah Mekah. Sambil melaksanakan rukun Islam ke lima, beliau juga berkesempatan belajar kepada ulama-ulama kenamaan di Tanah Suci, diantara Syekh Ali al-Maliki, Syekh Sain Amin dan Syekh Hasan Yamani. Setelah agak lama menimba ilmu di Mekah, beliau kembali ke kampung halamannya dan memapankan karirnya sebagai ulama.

Disamping memimpin Madrasah dan khalwat dalam Tarikat Naqsyabandiyah di kampung halamannya, buya Mansur juga aktif memberi kuliah di berbagai perguruan tinggi, diantaranya Kuliyyah Syar’iyah (Fakultas Syari’ah), APDN dan Akabah Bukittinggi. Beliau juga pernah menjadi dekan Fakultas Syari’ah Bukittinggi, dan termasuk salah satu pendiri IAIN Imam Bonjol. Ketika IAIN dipimpin oleh presidium sesudah Prof. Mahmud Yunus, maka ketuanya iala Buya Mansur sendiri. Dalam bidang organisasi, beliau termasuk pimpinan dalam wadah Perti.

Buya Mansur wafat pada tahun 1997, setelah mengabdi puluhan tahun lamanya dalam perjuangan agama dan pendidikan. Disamping mewariskan MTI Pakan Sinayan, Buya Mansur juga meninggalkan beberapa karya tulis. Diantaranya sudah dicetak beberapa kali dan menjadi pegangan mahasiswa-mahasiswa ketika itu. Diantara karangan-karangan beliau ialah:

1)      Kitab al-Faraidh

Risalah ini merupakan uraian ringkas mengenai tata cara pembagian harta warisan. Tujuan penulisan karya ini tampak dikerjakan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa Syari’ah terhadap buku pedoman dalam pelajaran Faraidh. Kitab ini disebarkan dalam bentuk stensil dilingkungan Fakultas Syari’ah Bukittinggi.

2)      Hidayatut Thalibin fi Bayan Ahadist Sayyidil Mursalin

Kitab ini merupakan himpunan hadist-hadist pilihan dalam berbagai bidang, serta dilengkapi dengan penjelasan ringkas terhadap hadis tersebut. Diantara hadist-hadist yang dihimpun dalam karya ini ialah mengenai ilmu dan keutamaannya, hadist tentang permulaan wahyu turun kepada Nabi Muhammad, hadist keutamaan Iman dan Islam dan lainnya. Kitab ini dikemudian mendapat apresiasi dari Syekh Sulaiman ar-Rasuli dalam kata pengantarnya.

 

Karangan-karangan Buya Mansur lainnya ialah:

1)     Bidayatul Ushul

2)     Mantiq

3)     Mishbahus Zhalam fi Arkanil Islam

4)     Tazkiratul Qulub

5)     al-Akhlaq wat Tasawwuf

6)     PedomanPuasa

7)     Islamologi

0 Comment