10 April 2023

Buya H. Sirajuddin Abbas (1905-1980)

Beliau merupakan pemimpin Perti yang terkenal, Ulama Politisi dan sekaligus pengarang yang masyhur. Beliau merupakan putra seorang ulama Tua terkemuka pula, Syekh Abbas Qadhi Ladang Laweh. Buya Siraj memulai karir keulamaannya dalam organisasi Perti setelah kepulangannya dari Mekah, belajar agama selama 6 tahun.[1] Sangat besar dedikasi beliau terhadap Perti tersebut, disamping Buya H. Rusli, dalam hal mengembangkan sekolah-sekolah Agama Tarbiyah Islamiyah hingga pengembangan Perti sebagai Partai Politik. Meski sibuk dengan urusan organisasi, beliau tidak meninggalkan dunia tulis menulis. Ketika redaksi al-Mizan pindah dari Maninjau ke Fort de Kock, beliaulah yang menjadi ketua redaksinya, berikut dengan anggota H. Jalaluddin, H. Hasan Basri dan H. Yunus Yahya. Dan artikel-artikel beliau tidak sempat absen dalam majalah ini.

Diantara karangan-karangan beliau ialah:

1)     Sirajul Munir (2 jilid)

2)     Bidayatul Balaghah

3)     Khulasah Tareks Islami (populer sebagai buku pegangan Madrasah)

4)     Ilmul Insya’

5)     Sirajul Bayan fi Fihrasati Ayatil Qur’an

6)     Ilmu Nafs

Kitab-kitab no 1 sampai 6 ditulis dari tahun 1933-1937

7)     I’tiqat Ahlussunnah wal Jama’ah

8)     Sejarah dan Keagungan Mazhab Syafi’i

9)     40 Masalah Agama (4 jilid)

Buku no. 7-9 ditulis di era 60-an dan 70-an, dan menjadi buku populer hingga saat ini.

10) Tabaqatus Syafi’iyyah

Sangat besar pengaruh karangan-karangan Buya Siraj ini, terutama untuk membentengi Ahlussunnah dan Mazhab Syafi’i. Beberapa karya ini bahkan telah dicetak lebih 20 kali, beberapa diantaranya dicetak diluar negeri. Dan hingga kini tetap menjadi buku pegangan orang-orang tua, dan tetap digemari.



[1] Baca KH. Sirajuddin Abbas, Thabaqat…, op. cit., hal. 491-496; Tim Islamic Centre, Riwayat Hidup…, op. cit., hal. 155-164

0 Comment